Senin, 20 Februari 2012

JUDUL : “MENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA DALAM MEMAHAMI TEKS PENDEK BERBENTUK DESCRIPTIVE MELALUI METODE TWO STAY TWO STRAY DI KELAS VIII D SMP NEGERI 13 KENDARI”


BAB 1
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional memerankan bagian yang sangat penting. Selain digunakan sebagai media untuk berkomunikasi juga digunakan untuk menguasai teknologi yang perkembangannya menuntut kita untuk mempelajarinya lebih dalam. Pembelajaran bahasa Inggris di SMP meliputi 4 ketrampilan berbahasa yaitu : membaca (reading), menyimak (listening), berbicara (speaking), dan menulis (writing) secara terpadu. Semua itu didukung oleh unsur -unsur bahasa lainnya, yaitu : kosa kata, tata bahasa, pronounciation.sesuai dengan tema sebagai alat untuk mencapai tujuan.
Dalam pembelajaran Bahasa Inggris ,membaca merupakan salah satu aspek dari standar kompetensi yang harus dicapai dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan . Dalam proses pembelajaran membaca di kelas siswa dapat berkomuikasi dan mengungkapkan informasi,pikiran serta mengembangkan ilmu pengetahuan teknologi dan budaya dari berbagai teks yang di baca. Kemampuan merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk deskriptive adalah salah satu Kompetensi Dasar ( KD ) yang harus dikuasai oleh siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Pembelajaran teks descriptive telah penulis lakukan secara klasikal. Dalam pembelajaran tersebut penulis menjelaskan materi pokok yang terdapat dalam indicator sebagai berikut
a. Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks descriptive.
b. Mengidentifikasi langkah retorika dalam teks descriptive
c. Mengidentifikasi fungsi komunikasi dalam teks descriptive.
d. Mengidentifikasi main idea,words meaning dan topic dalam teks descriptive.
Tapi kenyataan di dalam kegiatan belajar mengajar membaca di kelas, hasil yang diperoleh masih belum memuaskan, hasil belajar siswa masih rendah belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditetapkan yaitu 68 . Kemudian hasil Ujian nasional dari tahun ke tahun masih belum menghasilkan hasil secara memuaskan yang di karenakan dominannya soal dalam bentuk reading yang gagal di jawab oleh siswa secara tepat. Hasil refleksi penulis diperoleh data bahwa selama proses pembelajaran masih banyak siswa yang belum bisa menjawab pertanyaan dengan benar, mereka belum bisa menjawab pertanyaan dengan to be dan to do dll.Mereka sangat kesulitan dalam mngerjakan tugas-tugasnya. Hal ini merupakan gambaran kegagalan dalam proses pembelajaran
Kegagalan terhadap hasil dan proses pembelajaran tersebut merupakan masalah yang harus diatasi Oleh karena itu penulis mencoba untuk merencanakan melakukan penelitian tindakan kelas dengan judul, “Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Dalam Memahami Makna Teks Pendek Berbentuk Descriptive Melalui Metode TWO STAY TWO STRAY Di Kelas VIII D SMP Negeri 13 Kendari



Tidak ada komentar:

Posting Komentar