Rabu, 08 Februari 2012

RPP KARAKTER SMP 13 BHS INGGRIS VIII


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP ) Ke 1
SEKOLAH                            : SMPN 13 KENDARI
MATA PELAJARAN          : Bahasa Inggris
Kelas / semester                   : VIII / I ( Satu )
Waktu                                    :7 X 40 Menit ( Tiga Pertemuan )
Aspek                                     : Listening

A.   STANDAR KOMPETENSI :
1.          Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

B.  KOMPETENSI DASAR :
    1. 1 Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal        ( bersosialisai ) sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: Memintai, memberi, menolak jasa ,meminta, memberi menolak barang, mengakui dan mengingkari fakta, meminta dan memberi pendapat
                                       
    2.1 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta memberi menolak barang, mengakui, mengingkari fakta, dan meminta dan memberi pendapat

C.      TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan I:
Pada akhir pembelajaran diharapkan peserta didik secara cermat, cepat,tepat dan santun dapat:
a.       Merespon ungkapan meminta memberi, dan menolak jasa
b.       Merespon ungkapan meminta, memberi dan menolak barang.
c.        Mengakui dan mengingkari fakta.

Pertemuan 2:
Pada akhir pembelajaran diharapkan peserta didik secara cermat, cepat, tepat dan santun  dapat:
a.       Merespon ungkapan meminta dan memberi pendapat
b.       Bertanya jawab tentang member dan menolak jasa
c.        Bertanya jawab tentang meminta, member dan menolak barang

Pertemuan 3:
Pada akhir pembelajaran diharapkan peserta didik secara cermat, cepat,tepat dan santun  dapat:
a.       Bertanya jawab tentang mengakui dan  mengingkari fakta
b.       Bertanya jawab tentang meminta dan member pendapat

D.      MATERI PEMBELAJARAN
Materi Listening
ask for someone’s help, you could use these
expressions:
                   • Can you help me, ...?
• Please, help me.
• Can you do me a favour, please?
• Would you be so kind as to ...?
To give help to someone, you could use these
expressions:
• Let me give you a hand.
• Here, I’ll do it for you.
• May I help you with ..., Sir/Ma’am?
To reject someone’s help, you could use these
expressions:
• No, it’s not necessary.
• Thank you for offering, but ....
To admit a fact, you could use these expressions:
• Yes, I admit it.
• Yes, I did ....
• Yes, it’s true.
To deny a fact, you could use these expressions:
• I’m not lying, Dad. (actually you lie).
• No, I didn’t say that. (actually you said it).
• The 􀃁 ower smells good. (actually the 􀃁 ower smells
bad)







Materi Speaking

You can use these expressions to ask for items from
someone.
• Can I have ...?
• Can you give me ...?
• May I have ...?
You can use these expressions to give items to
someone.
• Here you are.
• This is for you.
• I’d like to give you ....
• Please accept ....
You can use these expressions to reject items from
someone.
• No, thank you.
• Not for me, thanks.
• Not this time, thanks.
You can use these expressions to ask for opinions.
• What do you think ...?
• What’s your opinion ...?
• How do you feel about?
You can use these expressions to give opinions.
• I think ....
• I must say ....
• From my point of view ....


                           i.      Vocabulary yang terkait dengan meminta memberi jasa misalnya :
-          Help, give, have, repair, get, borrow, carry, clean, make, buy, sell,
-          Fruits, flower, treee, pen, bag, book, dictinary, cake,bread, biscuits, coca-cola, sprite.
-          Thinnk, is my mind,frunkly,suppose, feld.
                Contoh latihannya lihat bahan ajar.

                          ii.      Phrases misalnya :
-          Water the plant, feet the bird, cut the cruss, clean the garage, sweep the floor, cut down the tree, left the bot, pick the fruit, hung the picture, iron the sghirts. Contohnya / latihannya lihat bahan ajar.

                        iii.      Ungkapan
-          Let me help you
-          Can and help you/help me?
-          Did you break the glass?
-          What do you think of this?

                        iv.      Model- model percakapan singkat memuat ungkapan – ungkapan :

1.       Meminta, memberi dan menolak jasa.
      Contoh :
1.       A. Let me help you to carry this suitcase?
   B. Thank you so much.
2.       A. Can you help me to move this desk?
   B. No thank you.
3.       A. Can I you for watering the flowers?
   B. You please / no thanks..
2.       Meminta, memberi, menolak barang.
            Contoh :
1.       A. Can I have a lit?
   B. Sure here you are.
2.       A. You can take this pen?
   B. No thank you, I have more pen

3.       Mengiakui, mengingkari fakta.
            Contoh :
1.       A. Did you absen yesterday?
   B. Yes I did.
2.       A. Did You take my dictionari?
   B. No I didt’n
4.       Meminta, memberi pendapat.
            Contoh :
1.       A. Do you think this is a nic cook?
   B. Yes I think.
2.       A. Do you think that he is a lazy buy?
   B. No I didn’t
E . Alat / bahan dan sumber
b.       Buku teks yang relevan (English in focus hal.2,11,28 dan 35)
c.        Power point
d.       Gambar-gambar dan frase yang relevan.


F.       METODE PEMBELAJARAN
1.       Model :CL
2.       Metode : Information gap
                                     Tanya jawab.
                                      Latihan

G.      LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

a.       Kegiatan Pendahuluan Peserta didik :

                                       i.      Merespon pertanyaan guru terkait kondisi peserta didik
                                      ii.      Merespon pertanyaan guru tentang kehadiran peserta didik
                                    iii.      memperhatikan tujuan belajar yang akan dicapai yang disampaikan oleh guru.
                                    iv.      Berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.

b.       Kegiatan inti

        pertemuan  1
        peserta didik :                                                                                         
                                       i.      Mendengarkan percakapan yang memuat ungkapan-ungkapan tentang meminta, memberi, monolak jasa dan barang. Dengan santun
                                      ii.      Menirukan dan menggunakan kata-kata tentang meminta, memberi, menolak jasa dan barang. Dengan tepat dan cepat
                                    iii.      Memberi respon lisan dan tulis terhadap ungkapan yang di dengarkan tentang meminta, memberi, menolak jasa dan barang. Secara santun
                                    iv.      Menjawab pertanyaan tentang isi percakapan lisan yang di bacakan guru.
Pertemuan  2 :
                                     v.      Mendengarkan percakapan yang memuat ungkapan – ungkapan mengakui, mengingkari fakta, meminta, memberi pendapat.
                                    vi.      Merespon secara lisan dan tulis terhadap ungkapan – ungkapan mengakui, mengingkari fakta, maupun meminta, memberi pendapat dengan tepat
Pertemuan 3
                                  vii.      Menjawab pertanyaan tentang isi percakapan lisan yang di bacakan guru dalam hal mengakui, mengingkari faka, meminta, memberi pendapat. Secara berpasangan

c.        Kegiatan akhir
        peserta didik :
                                       i.      Memperhatikan kesimpulan tentang hal- hal yang telah diajarkan guru.
                                      ii.      Memperhatikan tugas terstruktur yang diberikan guru
                                    iii.      Memperhatikan nasehat yang disampaikan guru.
                                    iv.      Menugaskan peserta didik untuk menggunakan ungkapan –ungkapan yang telah dipelajaridalam situasi yang sebenarnya.

H.      SUMBER DAN MEDIA BELAJAR

I.        TUGAS TERSTRUKTUR
a.       Memahami dan menggunakan ungkapan-ungkapan atau kata-kata yang relevan
b.       Mendengarkan dialog dan menjawab pertanyaan dengan lisan/ tulis
c.        Melakukan tanya jawab sesuai ungkapan-ungkapan tentang materi yang diberikan.



















J.       PENILAIAN.
              Guru melakukan penilaian dengan ketentuan sbb:
a.       Teknik penilaian : tes lisan / tulis
b.       Bentuk penilaian : pertanyaan lisan

Indikator
Penilaian
Teknik
Bentuk
Contoh Instrumen
Indikator :
  1. Merespon dan bertanya jawab ungkapan meminta, memberi, menolak jasa
  2. Merespon dan bertanya jawab ungkapan, meminta, memberi, menolak barang
  3. Merespon dan bertanya jwab tentang mengakui dan mengingkari fakta
  4. Merespon dn bertanya jawab ungkapan meminta dan memberi pendapat
Tes lisan/
Tes tulis
sda

sda

sda

Pertanyaan
Lisan/tugas

Lihat contoh

K.      INSTRUMEN PENILAIAN

INSTRUCTION : write down / answer the question based on the dialogue that you listen from the teacher
-          Develope your frases in to short dialogue about offers asking and refuse of serieef thing.
-          Listen to the dialogue that teacher read, then answer the question orally about agree and denied of the fact
-          Complete the dialogue about asking and offering the opinion

RUBRIK PENILAIAN.

ASPEK
SKOR
KETERANGAN
Tata bahasa dan kosa kata
4
3
2
1
Benar dan tepat
Hampir tepat dan tidak mempengaruhi arti
Kurang tepat dan mempengaruhi arti
Sulit dimengerti
Kejelasan Makna
4
3
2
1
Sangat jelas dan sangat efektif
Cukup jelas dan efektif
Cukup jelas tidak efektif
Tidak jelas

PEDOMAN PENILAIAN
                                       i.      Jumlah skor maksimal per peserta didik : 8
                                      ii.      Nilai peserta didik diperoleh dengan cara membagi jumlah nilai perolehan dengan 8 kali 100 atau

                Jumlah skor perolehan
Atau                                              X 100
                Skor maksimal





       Mengetahui                                                                                                                             Kendari,     juli 2011
     Kepala Sekolah                                                                                                                       Guru Mata Pelajaran
 SMPN 13 KENDARI        





(  Muhammad Ali,S.Pd.,M.Pd)                                                                                                  (Atmawaty, S.Pd. )
NIP. 19601231 198110 1 016                                                                                                 NIP19790228 200801 2  014
                                      






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP ) Ke dua
SEKOLAH                            : SMPN 13 KENDARI.
MATA PELAJARAN          : Bahasa Inggris
Kelas / semester                   : VIII / I ( Satu )
Waktu                                    : 4 X 40 Menit ( Dua Pertemuan )
Aspek                                     : Listening

  1. STANDAR KOMPETENSI :
  1. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

  1. KOMPETENSI DASAR :
1.2.   Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional dan interpersonal sederhana secara akurat lancar dan berterima  berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur : mengundang, menerima dan menolak ajakan, menyetujui tidak menyetujui memuji dan memberi selamat.

  1. . TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
                        Pada akhir pembelajaran diharapkan peserta didik secara santun dan tepat dapat
b.       Merespon ungkapan mengundang menerima dan menolak ajakan.
c.        Merespon ungkapan menyetujui / tidak menyetujui
               Pertemuan 2
                                Pada akhir pembelajaran diharapkan peserta didik santun dan  bekerjasama dapat

d.       Merespon ungkapan memuji
e.        Merespon ungkapan memiberi selamat..

  1. . MATERI PEMBELAJARAN
                           i.      Vocabulary dan tata bahasa terkait topik / ungkapan yang dibahas miss: can you, would you, would you mind, how about, how if, afraind, soory, with, pleasure, I’d careful, ok, useful, nice, interesting.
                          ii.      Ungkapan
-          Can you come to . . . . ?
-          Would you like to go to . . . . . . ?
-          How about coming to . . . . . . . . ?
-          Do you agree if . . . . . . . . ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar